9 April 2013

Saya Sudah Capek Berdoa!


Siapakah manusia diatas dunia ini yang tidak pernah sedih? Siapakah manusia didunia ini  yang tidak pernah merasakan kecewa?

Dalam hidup ini, manusia tak akan pernah luput dari perasaan sedih. Kesedihan merupakan ungkapan rasa terdalam manusia. Sebuah perasaan kekecewaan yang mampu menusuk jantung. Laksana jarum menusuk kulit. Tajam dan sakit

Rasulullah S.A.W sendiri pernah bersedih tatkala si bungsu yang lucu Ibrahim meninggal. Beliaupun pernah menangis saat mendapati putrinya Fatimah sedang bekerja keras menumbuk gandum dengan batu besar untuk makan keluarganya.
Setiap orang pernah diuji dengan berbagai bentuk perasaan itu. Ntah itu sedih, resah, adakalanya gembira dan ketawa .
Kecewa merupakan suatu perasaan yang hadir ketika kenyataan yang ada saat ini tidak seperti yang dibayangkan. Bisa juga akibat tidak dipenuhinya keinginan hati.

Pernahkah sahabat mengalami situasi seperti ini?
"Saya sudah capek berdoa, tetapi Allah tidak pernah memakbulkan doa dan permintaanku. Saya capek!"
Ungkapan diatas merupakan ungkapan putus asa. Bahkan terkadang kita sering menyalahkan Takdir.


Sahabat,
Allah menguji kita tidaklah sehebat ujian yang ditimpakan kepada ummat terdahulu. Kita tidak ditimpakan ujian sehebat Zainab puteri Rasulullah yang terpaksa memilih antara suami yang masih jahiliyyah atau ayah tercinta.Kita tidak ditimpakan ujian sehebat Sumayyah yang seisi keluarganya dibunuh di hadapan mata. Kita tidak ditimpakan ujian sehebat Bilal bin Rabah, dijemur, diseksa, dihempap batu.

Sahabat,
Allah sungguh mengasihi.
Janganlah kita menyalahkan Takdir.  Allah telah menciptakan kita dengan sangat sempurna dan telah  mengatur segala keperluan dan kebaikan buat hamba Nya. Allah lah  yang menciptakan kita semua dan tentunya Allah pula yang maha mengetahui apa yang dibutuhkan oleh hamba Nya. 
Terkadang apa yang kita inginkan belum tentu baik buat kita begitu juga sebaliknya. Apa yang tidak kita inginkan atau tidak kita senangi justru itulah yang sebenarnya yang terbaik buat kita.
"Boleh jadi kamu membenci sesuatu, padahal ia amat baik bagimu, dan boleh jadi (pula) kamu menyukai sesuatu, padahal ia amat buruk bagimu; Allah mengetahui, sedang kamu tidak Mengetahui." (Al-Baqarah Ayat 216 )

Wajarkah kita kecewa?
Walaupun kekecewaan itu adalah fitrah, amun bagaimana seandainya kalau  kekecewaan itu justru menyalahkan takdir ketentuan Allah? Banyak diantara kita yang frustasi tatkala apa yang di impikan tidak menjadi kenyataan. Kita menjadi sedih dan kecewa. Kita sudah berdoa siang malam, tetapi tidak semuanya dikabulkan oleh Allah.

Sahabat....
Coba tanyakan pada diri kita sendiri.  Apakah segala yang kita miliki hari ini seluruhnya kita minta pada Allah? Allah dengan Rahman dan rahim nya telah memberikanya sebelum kita meminta. Pernahkah kita minta pada Allahoksigen untuk bernafas? Apakah ada diantara kita yang meminta izin kepada Allah untuk memakai kaki, tangan dan anggota tubuh lainya? Pernahkah kita meminta kepada Allah agar allah berkenan meminjamkan kita mata untuk melihat? Mulut untuk berbicara setiap hari? Silahkan jawab dalam hati kita masing masing

Sahabat...
Bukankah ujian itu pertanda sayang Allah pada hamba-Nya? Cobalah kita fikirkan dan renungkan kembali. Betapa banyak nikmat yang telah Allah berikan kepada kita.

Sahabat....
Tepislah kekecewaan itu...Kekecewaan yang bermanfaat ialah kekecewaan yang membawa diri dan hati kita lebih dekat dan menyayangi Allah. Kekecewaan yang membahagiakan ialah di saat kebahagiaan itu semakin menguatkan keyakinan hati kita dalam mengimani qada' dan qadar Allah. Janganlah bersedih dan kecewa karena dibalik itu semua tersimpan kebahagiaan yang Allah hadiahkan sebagai hikmah-Nya.

"Janganlah kamu bersikap lemah, dan janganlah (pula) kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang yang paling Tinggi (derajatnya), jika kamu orang-orang yang beriman." (Surah Ali Imran: ayat 139)

Wallahu'alam.

Ditulis Oleh : Unknown ~ Deskripsi Blog Anda

Artikel Saya Sudah Capek Berdoa! ini diposting oleh Unknown pada hari 9 April 2013. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

0 komentar:

Posting Komentar